Dalam paradigma pemograman berorientasi objek di kenal kelas dan objek. kelas merupakan blue print dari objek-objekyang akan dibuat. Analogi kelas dan onjek seperti rancangan model rumah dan pembangunan rumah-rumah, adapun proses pembuatan objek dari kelas dikenal dengan instantiasi.
Sebagai contoh lihat kasus di bawah ini :
1. Buatlah kelas mahasiswa dengan atribut = nama dan npm dan mempunyai method : tampilkanNama, tampilkan Npm, belajar, olahraga, makan dan minum.
Maka listing programnya seperti dibawah ini :simpan dengan nama mahasiswa.java
public class mahasiswa{
public String nama,npm;
public mahasiswa(String n,String o){
this.nama=n;
this.npm=o;
}
public String tampilkanNama()
{
return nama;
}
public String tampilkanNpm()
{
return npm;
}
public void belajar()
{
System.out.println("Yuk belajar pemograman java...");
}
public void olahraga()
{
System.out.println("olahraga itu sehat lho...");
}
public void makan()
{
System.out.println("Nyam..nyam..sedap banget...");
}
public void minum()
{
System.out.println("Glek..glek...Haussss....");
}
}
NB : untuk yang berwarna merah bisa anda ganti sesuai keinginan anda. semoga bermanfaat yaaaaaaa...
Baca juga bagaimana cara instantiasi pemograman java
Tidak ada komentar:
Posting Komentar