Ketika itu Pertamina dikukuhkan dalam UU tersendiri , UU No.8tahun 1971. Selama 37 tahun (20 Agustus 1968-10 Desember 2005) orang mengenal logo”kuda laut” sebagai identitas koorporat Pertamina. Tetapi sekarang logo tersebut sudah diperbaharui seperti sakarang ini (lihat gambar di bawah ini).
Logo baru lumayan rame dibicarakan di kalangan kreatif dan periklanan Indonesia. Ada beberapa hal yang dibahas. Pertama tentu saja karena harganya yang sangat mahal. Usd 350.000 atau sekitar idr 3,5 milyar, kedua karena dibuat oleh landor, branding company dari luar. Ketiga karena penggantian logo dilakukan pada saat harga BBM cenderung fluktuatif dan mengecewakan masyarakat dan masih banyak lagi.
Logo baru Pertamina memiliki makna yang perlu diketahui oleh para pekerja pertamina dan public pada umumnya, Elemen logo membentuk huruf “P” yang secara keseluruhan merupakan representasi bentuk panah , dimaksudkan sebagai Pertamina yang bergerak maju dan progresif. Warna- warna yang berani menunjukkan langkah besar yang diambil Pertamina dan aspirasi perusahaan akan masa depan yang lebih positif dan dinamis. Dimana Biru mencerminkan andal, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab. Hijau mencerminkan sumber daya energy yang berwawasan lingkungan . Merah mencerminkan Keuletan dan ketegasan serta keberanian dalam meghadapi berbagai macam kesulitan.
Dilihat dari segi materi abstractionnya, logo PERTAMINA mengandung beberapa konsep. Pertama logo ini mengandung konsep Repetition yang berarti bahwa terdapat perulangan objeck(belah ketupat) sebanyak 3 buah dengan menggunakan warna dasar yang menarik. Kedua, logo ini juga mengandung konsep Type Combination karena terdapat tulisan PERTAMINA yang dapat mempertegas logo tersebut.
logo yg gak ada spirit nationalnya pantesan pertamina di ambang kehancuran..
BalasHapusLogonya kreatif tapi ga ada hub dengan pertamina
BalasHapus