Minggu, 25 Maret 2012

Arti Logo PERTAMINA yang baru

Pada awalnya logo PERTAMINA berupa unsur-unsur logo bintang dan kuda laut, serta banner berwarna kuning, sudah Menjadi logo pertamina tahun 1961, dengan banner tertulis PERMINA. Baru pada tahun 1968 unsur itu dilengkapi empat lengkung berwarna dasar biru, dengan banner kuning bertuliskan PERTAMINA. Seperti gambar di bawah ini :


 Ketika itu Pertamina dikukuhkan dalam UU tersendiri , UU No.8tahun 1971. Selama 37 tahun (20 Agustus 1968-10 Desember 2005) orang mengenal logo”kuda laut” sebagai identitas koorporat Pertamina. Tetapi sekarang logo tersebut sudah diperbaharui seperti sakarang ini (lihat gambar di bawah ini).


Logo baru lumayan rame dibicarakan di kalangan kreatif dan periklanan Indonesia. Ada beberapa hal yang dibahas. Pertama tentu saja karena harganya yang sangat mahal. Usd 350.000 atau sekitar idr 3,5 milyar, kedua karena dibuat oleh landor, branding company dari luar. Ketiga karena penggantian logo dilakukan pada saat harga BBM cenderung fluktuatif dan mengecewakan masyarakat dan masih banyak lagi.

Logo baru Pertamina memiliki makna yang perlu diketahui oleh para pekerja pertamina dan public pada umumnya, Elemen logo membentuk huruf “P” yang secara keseluruhan merupakan representasi bentuk panah , dimaksudkan sebagai Pertamina yang bergerak maju dan progresif. Warna- warna yang berani menunjukkan  langkah besar yang diambil Pertamina dan aspirasi perusahaan akan masa depan yang lebih positif dan dinamis.  Dimana Biru mencerminkan andal, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab. Hijau mencerminkan sumber daya energy yang berwawasan lingkungan . Merah mencerminkan Keuletan dan ketegasan serta keberanian dalam meghadapi berbagai macam kesulitan.
Dilihat dari segi materi abstractionnya, logo PERTAMINA mengandung beberapa konsep.  Pertama logo ini mengandung konsep Repetition yang berarti bahwa terdapat perulangan objeck(belah ketupat) sebanyak 3 buah dengan menggunakan warna dasar yang menarik. Kedua, logo ini  juga mengandung konsep Type Combination karena terdapat tulisan PERTAMINA yang dapat mempertegas logo tersebut.











2 komentar:

  1. logo yg gak ada spirit nationalnya pantesan pertamina di ambang kehancuran..

    BalasHapus
  2. Logonya kreatif tapi ga ada hub dengan pertamina

    BalasHapus